Proses Kalibrasi

Contoh Surat Permohonan Kalibrasi dan Cara Mendapatkannya

Memiliki berbagai jenis instrument alat ukur jelas penting untuk juga memperhatikan perawatannya. Salah satu perawatan pada berbagai jenis alat ukur jelas kalibrasi. Dengan dilakukannya kalibrasi ini jelas alat ukur akan tetap memiliki fungsi terbaik hingga hasil ukur selalu akurat.

Bahkan proses kalibrasi pada alat ukur yang dilakukan dengan baik dan benar akan memberikan jaminan mutu hingga mengetahui kualitas alat ukur. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan dalam kegiatan industri. Namun perlu Anda ketahui juga tahapan untuk melakukan kalibrasi salah satunya dengan membuat surat permohonan kalibrasi.

Surat permohonan kalibrasi ini senrii menjadi persyaratan yang wajib dilakukan sebelum melakukan kalibrasi yang diajukan pada lembaga atau penyedia jasa kalibrasi. Dengan adanya surat ini, tentunya lembaga atau pihak penyedia kalibrasi dapat mengetahui apa alat ukur yang akan dikalibrasi. Lantas apa sih sebenarnya surat permohonan kalibrasi dan bagaimana cara mendapatkannya?

Apa itu Surat Permohonan Kalibrasi

Beragam jenis peralatan ukur dan uji memang wajib untuk dilakukan pengujian dan perawatan dengan kalibrasi. Kalibrasi pada alat ukur sendiri juga tidak bisa dilakukan asal-asalan melainkan harus oleh pihak atau jasa penyedia kalibrasi yang terpercaya serta sudah terakreditasi.

Untuk menggunakan jasa kalibrasi guna untuk melakukan kalibrasi pada alat ukur inilah diperlukan surat permohonan kalibrasi. Surat permohonan kalibrasi sendiri merupakan surat pengantar yang digunakan dalam prosedur kalibrasi. Surat permohonan ini sendiri ditujukan pada lembaga atau penyedia jasa kalibrasi yang berwenang pastinya.

Isi dari surat permohonan kalibrasi ini sendiri terdiri dari berbagai informasi mengenai alat ukur baik dari nama alat, spesifikasi, jumlah alat dan juga keterangan yang akan dilakukan kalibrasi. Dengan adanya surat permohonan ini nantinya petugas akan dapat memeriksa pengajuan surat permohonan kalibrasi untuk ditindak lanjuti.

Setelah kita mengetahui apa itu surat permohonan kalibrasi, lantas apa fungsi dari dibuatnya surat ini baik untuk kita maupun untuk lembaga maupun jasa penyedia kalibrasi?

Apa Fungsi dari Surat Permohonan Kalibrasi

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwasannya setiap kegiatan industri yang menggunakan alat ukur perlu kejelasan mengenai proses dan hasil dari kalibrasi. Dengan adanya surat permohonan kalibrasi ini berfungsi untuk menyampaikan peralatan ukur apa saja dengan kondisi seperti apa yang akan dikalibrasi. Adanya informasi ini nantinya sangat membantu kedua belah pihak perihal proses berlangsungnya kalibrasi.

Dengan kata lain fungsi dari adanya surat permohonan kalibrasi ini untuk memberi tahu penyedia jasa kalibrasi atau lembaga kalibrasi mengenai nama alat, spesifikasi hingga catatan khusus baik keadaan maupun kondisi alat ukur yang akan di kalibrasi.

Contoh Surat Permohonan Kalibrasi

Dari penjelasan diatas mengenai apa itu surat permohonan kalibrasi hingga fungsi surat. Tentunya Anda juga membutuhkan contoh nyata seperti apa sih bentuk dari surat tersebut hingga susunan dan format yang baik serta benar. Berikut ini contoh susunan surat permohonan kalibrasi yang baik dan benar :

  • Kop Surat
  • Nama Kota, Tanggal dibuatnya surat
  • Nomor Surat
  • Lampiran
  • Hal : Permohonan Kalibrasi
  • Kepada Yth (karena menunjuk instansi bukan orang)
  • Alamat Instansi
  • Pembuka (Misalnya; Dengan Hormat)
  • Menyebutkan nama pemilik alat ukur atau pimpinan perusahaan
  • Isi dengan menyampaikan maksud ditulisnya surat
  • Tanda tangan dan nama terang
  • Melampirkan daftar alat yang dikalibrasi

Berikut ini contoh lengkap surat permohonan kalibrasi yang juga bisa Anda jadikan sebagai referensi :

contoh surat permohonan kalibrasi terbaru

Lantas bagaimana cara kita untuk mendapatkan surat permohonan kalibrasi yang baik dan benar? Anda bisa simak penjelasan berikut ini yang pastinya akan menjawab pertanyaan tersebut.

Bagaimana Cara Mendapatkan Surat Permohonan Kalibrasi

Surat permohonan kalibrasi sendiri bisa didapatkan tentunya dari Anda sendiri. Surat permohonan yang Anda buat sebagai pengajuan proses kalibrasi. Akan tetapi untuk menjamin keabsahannya, surat permohonan kalibrasi ini bisa didapatkan dari kemendag selaku badan yang memang berwenang dalam menyetujui permohonan kalibrasi.

Selain itu, surat permohonan kalibrasi ini juga bisa didapatkan dari pihak laboratorium penyedia jasa kalibrasi dan balai kalibrasi internal maupun eksternal. Dengan kata lain surat permohonan kalibrasi ini bisa didapatkan dengan dua cara yaitu dari kemendag dan balai kalibrasi yang memang sudah terakreditasi serta tersertifikasi kalibrasi.