Clamp Meter

Pedoman Penggunaan Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655 dan Cara Maintenance

Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655 merupakan sebuah instrumen pengukur yang sangat berguna untuk mengukur arus listrik, baik AC maupun DC. Dengan diameter penjepit atau ‘clamp’ sebesar 40 mm, alat ini mampu melakukan pengukuran pada rentang arus yang luas, dari 0,05 hingga 1000A untuk arus AC dan 0,1 hingga 1000A untuk arus DC. 

Clamp meter ini dirancang untuk memberikan solusi pengukuran yang efisien dan akurat, terutama bagi para profesional di lapangan. Selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan alat ini, sektor mana yang paling cocok untuk penggunaannya, perkiraan harganya, serta pentingnya melakukan perawatan dan kalibrasi.

Pedoman Menggunakan Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655

Untuk menggunakan alat Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655 sebenarnya sangat mudah, namun Anda harus mengikuti beberapa langkah sederhana sebagai berikut.

  1. Atur clamp meter ke opsi ampere meter yang ditandai dengan simbol ‘A’.
  2. Tekan dan lepaskan pemicu untuk membuka penjepit.
  3. Pasang penjepit ke kabel listrik dari perangkat yang ingin diukur.
  4. Lakukan pembacaan nilai ampere yang ditampilkan di layar.

Dengan kemudahan penggunaannya, alat ini sangat sesuai untuk digunakan di berbagai sektor industri dan pekerjaan teknis. Untuk instruksi penggunaan yang lebih detail bisa dibaca di user manual Chauvin Arnoux MX 655

Sektor yang Cocok dengan Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655

Alat ini paling sering digunakan di sektor tersier, seperti di bidang pemeliharaan kelistrikan dan elektro, pemasangan listrik, serta distributor listrik. Adaptabilitas dan fungsionalitasnya membuat alat ini menjadi pilihan yang tepat untuk beragam jenis pekerjaan.

Spesifikasi Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655

Mengetahui spesifikasi teknis dari Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655 sangat penting untuk memastikan alat ini sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda. Dari kemampuan mengukur arus AC dan DC hingga diameter rahang clamp, berbagai aspek teknis membentuk dasar dari fungsi dan efektivitas alat ini. Untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap, berikut ini adalah tabel spesifikasi yang menyajikan detail teknis dari Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655.

Technical specifications MX 655
Clamping diameter 40 mm
Type of measurement RMS
Current DC: 0.1 A to 1000 A

AC: 0.05 A to 1000 A

Voltage DC range: 0.2 V to 1000 V

AC range 0.2 V to 600V

Resistance Range: 0.2 Ω to 399.9 Ω

Diode 1.7 mA

Frequency Current: 20 Hz to 10 kHz

Voltage: 10 Hz to 10 kHz

Display 4,000 counts 42-segment bargraph
Functions HOLD, Peak, MAX / MIN, Δ Rel
Electrical safety CAT III 600 V
Dimensions/ weight 246 x 93 x 43 mm / 400 g

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet Chauvin Arnoux MX 655

Kelebihan Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655

Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655 dapat membantu Anda yang profesional dalam berbagai sektor industri. Dari keakuratan pengukuran hingga fitur-fitur canggih yang disediakan, ada berbagai alasan yang membuat alat ini unggul dalam performanya. Adapun beberapa keunggulan dari clamp meter MX 655 berikut ini.

  • 4,000-count display
  • 42-segment bargraph
  • Clamping diameter: 40 mm
  • AC current 0.05 A to 1,000 A RMS
  • DC current 0.1 A to 1,000 A
  • AC voltage 0.5 V to 750 V
  • DC voltage 0.2 V to 1,000 V
  • Resistance 0.2 Ω to 4 kΩ
  • Frequency 20 Hz to 10 kHz (A) / 10 Hz to 10 kHz (V)
  • Audible continuity test & diode test
  • Safety EN 61010 CAT III 600 V

Perkiraan Harga Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655

Harga untuk clamp meter Chauvin Arnoux MX 655 ini berkisar di angka 18 juta rupiah. Untuk informasi lebih lengkap dan penawaran terbaik, Anda bisa mengklik banner di bawah ini untuk mengunjungi halaman produk di Ralali.com.

Maintenance dan Kalibrasi Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655

Memahami bagaimana merawat dan mengkalibrasi Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655 adalah suatu keharusan untuk memastikan keakuratan dan keandalan alat ini dalam jangka panjang. Dalam perawatan rutin, ada berbagai langkah yang bisa membantu menjaga kinerja alat pada tingkat optimal. Sementara itu, kalibrasi berfungsi untuk memverifikasi bahwa pembacaan alat selaras dengan standar yang telah ditentukan. Berikut adalah beberapa hal yang akan kita bahas mengenai tindakan-tindakan perawatan dan prosedur kalibrasi yang dianjurkan untuk Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655.

Maintenance Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655

Melakukan perawatan rutin akan membantu dalam mempertahankan performa alat. Perawatan clamp meter Chauvin Arnoux MX 655 bisa dimulai dari membersihkan dengan kain bersih dan simpan di tempat dengan suhu yang sejuk. Jika Anda menemui masalah atau kerusakan, jangan ragu untuk menghubungi Kalibrasi.com untuk jasa perbaikan.

Kalibrasi Clamp Meter Chauvin Arnoux MX 655

Kalibrasi memang sangat perlu dilakukan untuk memastikan akurasi pengukuran clamp meter Chauvin Arnoux MX 655. Jika Anda membutuhkan layanan kalibrasi, jangan ragu untuk menggunakan jasa dari Kalibrasi.com. Untuk mendapatkan penawaran kalibrasi lebih lengkap, silahkan isi form yang tersedia di bawah ini.