Clamp Meter

Petunjuk Penggunaan Clamp Meter Chauvin Arnoux F65 dan Perawatannya

Clamp Meter Chauvin Arnoux F65 adalah alat ukur yang sangat spesifik, dirancang untuk mengukur arus bocor tanah dengan akurasi tinggi. Ini adalah pilihan yang ideal untuk siapa pun yang membutuhkan data pengukuran yang tepat, dari teknisi listrik hingga insinyur.

Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana cara menggunakan alat ini dan di mana alat ini sangat efektif digunakan pada bidang yang tepat.

Petunjuk Penggunaan Clamp Meter Chauvin Arnoux F65

Pemakaian alat ukur clamp meter tidak bisa secara sembarangan, selain karena berhadapan langsung dengan kelistrikan juga diperlukan pemahaman agar bisa membaca pengukuran yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah yang biasanya dijelaskan dalam manual pengguna calmp meter yang disertakan dalam paket penjualan:

  1. Persiapan Alat: Sebelum memulai pengukuran, pastikan baterai dalam kondisi baik dan matikan alat.
  2. Pengukuran Arus: Buka rahang clamp dengan menekan tombol pelepas dan letakkan di sekitar kabel atau konduktor yang akan diukur. Tutup rahang clamp.
  3. Pilih Mode: Nyalakan alat dan pilih mode pengukuran yang diinginkan, misalnya arus AC, dari dial yang ada pada alat.
  4. Mulai Pengukuran: Baca hasil pengukuran pada layar LCD. Layar yang dilengkapi dengan penerangan latar memudahkan pembacaan data dalam kondisi cahaya apapun.
  5. Fitur Tambahan: Gunakan fitur ‘Hold’ untuk membekukan angka pada layar jika perlu, atau gunakan fitur pengukuran maksimum dan minimum untuk analisis lebih lanjut.
  6. Matikan Alat: Setelah selesai melakukan semua pengukuran, matikan alat untuk menghemat daya baterai.

Untuk instruksi penggunaan yang lebih detail dari seri ini bisa dibaca di user manual Chauvin Arnoux F65

Sektor yang Cocok dengan Clamp Meter Chauvin Arnoux F65

Alat ini cocok untuk digunakan di berbagai sektor industri dan layanan, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  • Industri Energi: Untuk memantau efisiensi dan keamanan sistem listrik.
  • Manajemen Fasilitas: Untuk melakukan pemeliharaan dan inspeksi rutin dari infrastruktur listrik.
  • Telekomunikasi: Dalam pemeliharaan pusat data dan infrastruktur jaringan.
  • Industri Manufaktur: Untuk mengidentifikasi potensi isu-isu keamanan dan efisiensi energi dalam proses produksi.
  • Layanan Medis: Di rumah sakit dan klinik untuk memastikan keamanan perangkat medis.

Spesifikasi Clamp Meter Chauvin Arnoux F65

Mengenal lebih dalam tentang spesifikasi teknis dari alat ini akan membantu Anda memahami lebih jauh mengapa Clamp Meter Chauvin Arnoux F65 adalah pilihan yang baik untuk kebutuhan pengukuran Anda:

  • Tampilan lampu latar 10.000 hitungan
  • Arus: 30 µA hingga 100 A AC
  • Resolusi: 10 µA
  • Filter anti-harmonik 50/60 Hz
  • Kekebalan tinggi terhadap arus eddy: 70 dB
  • Tegangan AC/DC: 0,1 V hingga 600 V
  • Frekuensi: 5 Hz hingga 1 kHz
  • Resistansi: 0,1 Ω hingga 1 kΩ
  • Kontinuitas yang dapat didengar: <35 Ω
  • Fungsi: Maks, Relatif, menghafal tampilan
  • Matikan otomatis dengan indikasi status baterai
  • 300 V KUCING III

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet Chauvin Arnoux F65

Kelebihan Clamp Meter Chauvin Arnoux F65

Clamp Meter Chauvin Arnoux F65 adalah alat yang dirancang dengan teknologi canggih untuk memenuhi kebutuhan pengukuran arus listrik dalam aplikasi industri dan rumahan. Selain fungsionalitas dan keakuratannya, ada beberapa fitur unggulan yang membuat alat ini menonjol di pasaran:

  • 600 V CAT III
    Alat ini memiliki tingkat keamanan kategori CAT III untuk tegangan hingga 600V, membuatnya aman untuk digunakan dalam berbagai kondisi operasional.
  • Automatic Memorisation Yes, Limited to 20 Samples
    Fungsi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan hingga 20 sampel pengukuran secara otomatis, yang membantu dalam analisis data berikutnya.
  • Operating Radius 21 000 x 5 s
    Alat ini memiliki jangka operasional yang luas, memungkinkan Anda untuk melakukan pengukuran dalam interval yang lebih lama tanpa perlu mematikan alat.
  • Insulation Tests 16 000 x 5 s Continuity Tests
    Alat ini mampu melakukan tes isolasi dan tes kontinuitas hingga 16.000 kali dengan interval 5 detik, sangat membantu dalam diagnosis dan troubleshooting.

Kisaran Tarif Clamp Meter Chauvin Arnoux F65

Harga untuk Clamp Meter Chauvin Arnoux F65 berkisar di angka Rp.13.193.200. Perlu diingat bahwa harga ini dapat berfluktuasi tergantung pada distributor, permintaan pasar, dan ketersediaan barang. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengklik banner di bawah ini. Jangan lupa juga untuk melakukan pembelian produk ini di Ralali.com.

Perawatan dan Kalibrasi Clamp Meter Chauvin Arnoux F65

Memiliki clamp meter yang akurat adalah esensial, tetapi memeliharanya agar tetap dalam kondisi prima juga sama pentingnya. Di bawah ini adalah beberapa petunjuk untuk perawatan dan kalibrasi clamp meter, terutama untuk Chauvin Arnoux F65

Perawatan Clamp Meter Chauvin Arnoux F65

Perawatan Chauvin Arnoux F65 mencakup pembersihan rutin untuk menghindari penumpukan debu atau kotoran, pemasangan baterai yang benar, dan perbaikan alat jika diperlukan. Untuk jasa perbaikan alat, Anda dapat mengunjungi Kalibrasi.com.

Kalibrasi Clamp Meter Chauvin Arnoux F65

Kalibrasi adalah proses yang sangat penting untuk memastikan bahwa clamp meter Anda menghasilkan pengukuran yang akurat dan konsisten. Kalibrasi harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh pabrik atau ketika alat telah mengalami kejadian yang dapat mempengaruhi akurasi, seperti jatuh atau terkena benturan tak terkecuali juga untuk Chauvin Arnoux F65. Untuk kebutuhan kalibrasi clamp meter, Anda bisa menggunakan layanan dari Kalibrasi.com. Silakan isi form di bawah ini untuk mendapatkan penawaran kalibrasi yang lebih lengkap.